SEKILAS SEJARAH GEREJA KRISTEN INDONESIA JAWA BARAT TAMAN KEDOYA BARU

Pendahuluan:

Perlu kami jelaskan tentang alasan penyusunan tulisan ialah:

Menjelang Peresmian dan Peneguhan Jemaat Baru Gereja Kristen Indonesia Jawa Barat Taman Kedoya Baru, Jakarta Barat menjadi jemaat yang dewasa dan mandiri di lingkungan Sinode Gereja Kristen Indonesia Jawa Barat, yang menghayati hidup kesaksian dan pelayanan di dalam kesatuan dengan jemaat-jemaat setempat lainnya sebagai satu tubuh GKI Jabar, serta ... dst.

Awal: 
Kebaktian Wilayah
Awal ini dimulai dengan Kebaktian Wilayah - yang dikenal pada waktu itu dengan istilah Persekutuan Wilayah.

Gereja Kristen Indonesia Jawa Barat Jl. Nurdin Raya 37, membagi wilayah pelayanannya menjadi beberapa wilaya khususnya, dalam kaitan pelawatan kepada anggota jemaat.
Wilayah 13 adalah wilayah Sunrise Garden dan Taman Kedoya Baru. Di wilayah 13 Kebaktian Wilayah diadakan setiap bulan sekali, tetapi kenyataan yang terjadi ialah bila Kebaktian Wilayah diadakan di Sunrise Garden (di rumah salah seorang anggota jemaat secara bergilir) maka anggota jemaat dari Taman Kedoya Baru sangat sedikit yang hadir dan demikian pula sebaliknya.
Maka timbullah gagasan untuk mengadakan Kebaktian Wilayah sendiri di Taman Kedoya Baru. Gagasan ini dikuatkan lagi dengan proses menjadi dewasa Bakal Jemaat GKI Jabar Sunrise Garden.
Gagasan ini memang bukan perpecahan tetapi pengembangan wilayah 13 dari GKI Jabar Nurdin Raya 37.

Pada tanggal 24 September 1982, bertempat di rumah keluarga Ir. F. Gunawan Hadiyanto S. Blok D V/20 Taman Kedoya Baru diadakan Kebaktian Wilayah Pertama yang dikoordinir oleh pelawatan Taman Kedoya Baru - kebaktian dipimpin oleh Pdt. Jonatan Subianto.
Anggota jemaat GKI Jabar dan anggota jemaat gereja tetangga yang hadir 49 orang.
Awal yang indah dan menggembirakan ini dilanjutkan setiap bulan dengan berganti tempat di antara anggota jemaat GKI Jabar.
Pengunjung rata-rata Kebaktian Wilayah sampai dimulainya kebaktian hari Minggu yang pertama ialah 44 pengunjung.
Pada bulan April 1983 dimulai Kebaktian Wilayah dua kali sebulan.

Kebaktian Wilayah ini dapat berjalan dengan baik dan bahkan dengan peserta yang menggembirakan karena peran serta para pelawat di wilayah Taman Kedoya Baru dari beberapa jemaat GKI Jabar lainnya antara lain: GKI Jabar Samanhudi, GKI Jabar Perniagaan, GKI Jabar Wahid Hasyim, GKI Jabar Kepa Duri (dahulu Delima), GKI Jabar Gunung Sahari, dll.

Kerinduan anggota jemaat yang hadir pada Kebaktian Wilayah ialah mengadakan suatu Kebaktian Hari Minggu, maka mulai lah dijajagi dan dipersiapkan serta dirintis segala sesuatunya.